Jumat, 23 Oktober 2009

AIR TERJUN TANCAK KEMBAR BONDOWOSO




Air Terjun Tancak Kembar, berada kurang lebih 24 KM arah barat Kota Bondowoso, berada di Desa Andungsari Kec. Pakem - Bondowoso. Air Terjun setinggi 77 Meter ini berada di lereng Pegunungan Argopuro yang berhawa sejuk terdapat pada kawasan hutan lindung dengan ketinggian 900 m dpl. Pemanfaatan air terjun sampai saat ini tidak hanya untuk tempat rekreasi saja, akan tetapi untuk sarana irigasi, bahkan menurut masyarakat setempat, orang yang mandi disini dapat menambah awet muda. Lokasi obyek ini didukung oleh panorama alam yang indah dan menawan untuk dinikmati oleh pengunjung, serta didukung adanya pusat penelitian kopi arabica dan cacao seluas 180 Ha.
Akses kendaraan menuju Desa Andungsari relatif mudah, karena sarana Jalan menuju kesana telah beraspal, walaupun beberapa tempat terdapat kerusakan yang lumayan parah. Kendaraan roda 4 hanya bisa sampai di depan Pintu Gerbang Pusat Penelitian Kakao milik PTPN. Disana terdapat (bekas) Tempat parkir dan kantor pengelola. Namun sayang kondisinya kurang terawat. Jalan menuju lokasi air terjun merupakan jalan tanah sepanjang kurang lebih 2.5 KM disekelilingnya merupakan pemandangan alam yang sungguh luar biasa, Pegunungan Argopuro disisi barat dan lembah, ngarai dan perbukitan di sepanjang perjalanan merupakan Lukisan 3 Dimensi karya Sang Pencipta (Alloh SWT) yang sungguh menakjubkan.

Sebelum sampai di tempat Air Terjun Tancak kembar yang utama terdapat Air Terjun kecil yang tingginya kurang lebih 50 m, namun debitnya relatif kecil. Potensi tambang batu piring banyak terdapat disini. Andai ada pemodal yang mau mengeloladengan baik tentu hal ini bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Bondowoso. Lumayan deh buat pembangunan di Bondowoso....